21 Mei 2010

PEMASANGAN HOTSPOT

A. Pendahuluan
Tekhnologi sudah marak di gunakan, tujuan penggunaan internet juga sudah mulai berkembang mulai dari e-mail, chating video conference sampai sekarang mencapai tahap multimedia, dengan maraknya internet dan tekhnologi informasi membuat sebagian orang berencanamembuat hotspot di beberapa tempat seperti rumah makan, tempat rekreasi, dan tempat umum lainnya.
B. Hotspot
Tekhnologi ini sudah tidak asing lagi di telingakita, penggunaannyapun semakin mudah, tidaklagi plug and play tetapi detect and play, artinya dimana kita ada fasilitas untuk mendeteksi hotspot, maka kita dengan mudah bisa terkoneksi internet.
C. WiFiWiFi (Wireless Fidelity) adalah istilah generik untuk peralatan wireless LAN. Biasa menggunakan keluarga standar IEEE 802.11.oleh karena itu di dukung banyak vendor.
D. Wireless sebagai sarana berkomunikasi langsung LAN Seperti yang telah di jelaskan, untuk bisa berkomunikasi antara komputer satu dengan yang lain di butuhkan sebuah koneksi lokal dengan wireless, misalnya dalam hal pertukarn data ataupun teleconference (pertukaran wireless LAN karena jarak yang di jangkau bisa mencapai 10-20km (jarak udara)Penerapan komunikasi data dengan metode point to point Untuk menerapkan HOTSPOT di satu area di sisi server ini di butuhkan beberapa peralatan dan perlengkapan sbb :
1. Koneksi Internet
Dari sisi client masuk kesebuah router kemudian memprosesnya kedalam billing danmelanjutkannya ke internet, untuk mengakses website dll yang terdapat di internet.
2. Software Server Radius
Software ini diperlukan untuk sebuah manajemen yang rapi, membeli software berarti menginvestasikan harta jangkapanjang yang bisa di setting sesuai dengan keinginan kita.
3. Access Point
Selain antena, juga di perlukan sebuah radio akses point yang berfungsi untuk mengubah sinyal-sinyal radio tersebut menjadi paket-paket data dalam sebuah jaringan wireless.Access Point
4. Cabling
Cabling ini yang bertugas menyampaikan data antara komputer server dengan akses point yang di minta atau yang dikirim melalui sarana wiFi di atas.• UTP dan konektor RJ45 .Kabel UTP ini dipasang diantara access point dengan komputer/laptop.• Kabel listrikKabel listrik ini difungsikan untuk memberi power listrik dan dipasang pada access point.
Spesifikasi harga alat pembangunan satu hotspot :
1. Acces Point(TP Link) Rp1.500.000 (1 buah)
2. Kabel UTP Rp3.000 (40) jadi Rp120.000
3. RJ 45 Rp500 2 Rp1.000
4. Penjepit Kabel Rp300 38 Rp11.400

Tidak ada komentar:

Posting Komentar